Connect with us

Internet

Jenis Lisensi Video Youtube

Published

on

Advantages to Making Your Own YouTube Videos

Jenis Lisensi Video Youtube yang Harus Kamu Tahu – YouTube sekarang ini telah memberikan ruang dengan dua jenis lisensi di situsnya, yakni perlindungan Hak Cipta dan Perlindungan Creative Commons BY (CC BY). Apabila sebuah konten di YouTube yang dilindungi oleh Hak Cipta, maka apabila ada seseorang akan mengunduhnya, kemudian akan mengedit dan mengkomersialisasikan isi konten di YouTube tersebut, maka seseorang tersebut harus meminta izin kepada pemilik konten.

Untuk lebih jelasnya, pihak Yputube sudah menjelaskannya dalam kutipan berikut ini:

Jika Anda berminat menggunakan video YouTube di siaran atau film, Anda harus menghubungi pembuat atau pengunggah video itu secara langsung. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik tautan di saluran pengguna tersebut yang berbunyi “Kirim Pesan,” dan meminta izin pemilik untuk menggunakan konten miliknya”.

Oleh karena itu, jika kita ingin mengambil sumber konten dari YouTube, maka kita harus memastikan terlebih dahulu jenis lisensi yang digunakannya tersebut. Namun, kita tetap dapat mengambil sumber konten dari YouTube tersebut dengan lisensi Hak Cipta, asalkan untuk penggunaan yang wajar, yaitu untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan pengutipan berita.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam UU Hak Cipta, UU No 19 Tahun 2002 pada pasal 15 (a) : Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta, yaitu penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.

Namun, jika konten di YouTube tersebut, tersedia dalam jenis lisensi Creative Commons BY(CC BY)1, maka seseorang dapat langsung untuk mendownload konten YouTube dengan bebas, mengedit dan mengkomersilkan isinya sebagaimana penjelasan YouTube di bawah ini:

YouTube mengizinkan pengguna untuk menandai video mereka dengan lisensi Creative Commons BY (CC BY) 2.Kemudian, video ini dapat diakses oleh pengguna YouTube untuk digunakan, bahkan secara komersial. Dengan menandai video asli Anda dengan lisensi Cerative Commons BY (CC BY), Anda memberikan hak kepada seluruh komunitas YouTube untuk menggunakan kembali atau mengedit video tersebut.

Anda mungkin telah melihat video cc di YouTube. Sementara di artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda perbedaan antara lisensi standar YouTube dan lisensi Creative Commons.

Baca juga: 7+ Peluang Bisnis Online Paling Menjanjikan di Masa Mendatang

Apa itu Lisensi YouTube Standar?

Lisensi Youtube standar adalah izin dari otoritas yang kompeten untuk memiliki atau menggunakan sesuatu. Dalam hal internet pada dasarnya didasarkan pada izin untuk menggunakan, menyalin, atau mendistribusikan konten yang tersedia online. YouTube adalah situs web berbagi video dengan seperangkat aturan dan peraturan sendiri sesuai dengan kebijakan lisensinya.

Ketika seorang pengguna mengunggah video, ia memiliki opsi opsi lisensi yang dapat ia pilih. Opsi pertama adalah “Lisensi YouTube standar” yang berarti Anda memberikan hak siar ke YouTube. Ini pada dasarnya berarti bahwa video Anda hanya dapat diakses dari YouTube untuk tujuan menonton dan tidak dapat direproduksi atau didistribusikan dalam bentuk lain apa pun tanpa persetujuan Anda. Jenis lisensi kedua adalah “Creative Commons”.

Apa perbedaan antara “Lisensi YouTube Standar” dan “Creative Commons”

Perbedaan mendasarnya adalah bahwa, dengan lisensi standar, tidak seorang pun dapat menggunakan video Anda untuk mereproduksi sebagai karyanya sendiri (tanpa menandai dengan jelas video dari video asli). Namun dalam lisensi standar pengunggah video asli memiliki hak untuk mengatakan “tidak” untuk menggunakan kembali videonya karena arti dari perubahan video sama sekali.

Namun, jika Anda memilih lisensi creative commons saat mengunggah maka penulis dapat menggunakan bagian apa pun dari karya penulis asli. Biasanya diizinkan untuk mengedit, mengkompilasi ulang, mengubah atau mengubah karya asli kecuali beberapa hal yang terdaftar. Ini termasuk hak cipta dari karya asli dan menyebutkan dengan jelas bahwa karya tersebut berasal dari sumber asli. Selain itu, penulis asli tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang disebabkan oleh karya turunan. Inilah perbedaan kedua lisensi satu sama lain.

3 Pertanyaan umum untuk “lisensi standar YouTube”?

Apakah saya ilegal berbagi video lisensi YouTube Standar dengan teman-teman saya di Facebook?
Tidak apa-apa untuk berbagi video berlisensi YouTube di Facebook atau media sosial apa pun karena pertama-tama jika berbagi dilarang maka mungkin tidak akan ada plug tombol share. Selain itu, dengan mengklik share atau copy-paste URL yang baru saja Anda tunjuk ke video bertuliskan nama dan URL penulis aslinya. Karenanya, itu tidak ilegal.

Dapatkah perusahaan media (seperti acara TV) menampilkan video saya tanpa izin saya?
Perusahaan media pada umumnya adalah organisasi yang sangat menguntungkan. Karenanya sebelum menggunakan konten mereka perlu mencari izin hukum dari pembuat asli video. Ini terutama terjadi ketika pemilik video telah menggunakan lisensi standar. Maka wajib bagi rumah media untuk mengambil izin dari pemilik video asli yang telah mengunggah video di tempat pertama.

Dapatkah saya menggunakan video yang ditandai sebagai “lisensi standar YouTube” untuk video nirlaba?

Untuk video berlisensi standar YouTube ada aturan hukum yang keras dan cepat. Penulis asli dapat mengklaim karyanya karena ia telah diberi hak tertentu untuk melakukannya. Untuk video nirlaba lagi, Anda mungkin perlu meyakinkannya tentang fakta bahwa Anda belum mendapatkan apa pun dari penggunaan kontennya. Jadi masih disarankan untuk meminta izin pada awalnya.

Penjelasan Rinci Youtube Mengenai Jenis Hak Cipa Video Youtube

Creative Commons

Lisensi Creative Commons menyediakan cara standar bagi kreator konten guna memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan karyanya. YouTube mengizinkan kreator untuk menandai videonya dengan lisensi Creative Commons CC BY.

Jika Anda menandai video Anda dengan lisensi CC BY, artinya Anda yang memegang hak cipta. Kreator lain dapat menggunakan kembali karya Anda sesuai dengan persyaratan lisensi.

Creative Commons di YouTube

Kemampuan untuk menandai video yang diupload dengan Lisensi Creative Commons tersedia bagi semua kreator.

Lisensi YouTube standar merupakan setelan default untuk semua upload. Untuk meninjau persyaratan lisensi YouTube standar, baca Persyaratan Layanan kami.

Lisensi Creative Commons hanya dapat digunakan pada konten yang 100% asli. Jika terdapat klaim Content ID pada video Anda, Anda tidak dapat menandai video tersebut dengan Lisensi Creative Commons. Dengan menandai video asli Anda dengan Lisensi Creative Commons, Anda memberikan hak bagi semua komunitas YouTube untuk menggunakan kembali dan mengedit video tersebut.

Konten yang memenuhi syarat untuk diberi Lisensi Creative Commons

Anda hanya dapat menandai video yang diupload dengan Lisensi Creative Commons, jika seluruhnya berisi konten yang dapat Anda beri lisensi berdasarkan lisensi CC BY. Berikut adalah beberapa contoh konten yang dapat diberi lisensi:

Konten asli buatan Anda
Video lain yang ditandai dengan lisensi CC BY
Video dalam domain publik

Demikian sekilas informasi mengenai Jenis Lisensi Video Youtube yang harus kamu ketahui. Hal ini menjadi sangat penting manakala kamu serius ingin menjadi seorang Youtuber dan ingin mematenkan hasil karya yang sudah dengan susah payah membuatnya. Jangan sampai, ada pihak lain dengan mudah menggunakan konten yang berkualitas dari Anda hanya dengan mengunduh dan mengedit serta mengkomersialisasikannya. Salam sukses.

Sumber:

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Copyright © 2021 Ceriwit

%d bloggers like this: